08
Nov
08

Geografi Tanah Indonesia


Selama ini saya belum pernah posting tulisan mengenai bidang ilmu yang saya geluti. Sekarang saya akan membuat tulisan mengenai topik sesuai dengan apa yang saya dapat di kuliah. So, kalau ada yang salah mohon diperbaiki, mumpung masih mahasiswa jadi gak apa-apa klo salah terus, hehe…
Sebagaimana kita ketahui, tanah selalu hadir dalam kehidupan kita, suka maupun tidak suka. Tanah sepertinya halnya orang mempunyai sifat fisik dan sikap yang berbeda-beda juga. Kok bisa? Kalau dilihat-lihat kan tanah itu sama semua, mirip, paling cuman beda-beda warna aja. Itu salah satu paradigma yang salah, tanah di dunia ini bermacam-macam jenisnya. Salah satunya yang akan saya bahas adalah di Negara kita yang tercinta ini, Indonesia.

14-penyebaran-tanah-di-indo

Gambar diatas merupakan nama -nama jenis tanah yang berada di Indonesia. Mari kita bahas satu persatu, jenis klasfikasi yang diberi tanda kurung berdasarkan dudal supratohardjo dan padanannya dalam Soil Taxonomy namun yang akan saya bahas hanya berdasarkan Soil Taxonomy :

1. Entisol

entisol

Ciri-ciri :
A. Tanah yang baru berkembang
B. Belum ada perkembangan horison tanah
C. Meliputi tanah-tanah yang berada di atas batuan induk
D. Termasuk tanah yang berkembang dari bahan baru

Mencakup kelompok tanah alluvial, regosol dan litosol dalam klasifikasi dudal-supratohardjo. Tipe ini di sepanjang aliran besar merupakan campuran mengandung banyak hara tanaman sehingga dianggap subur. Tanah Entisol di Indonesia umumnya memberi hasil produksi padi (misalnya : Kerawang, Indramayu, delta Brantas), palawija, tebu (Surabaya). Entisol yang berasal dari abu-volkanik hasil erupsi yang dikeluarkan gunung-gunung berapi berupa debu, pasir, kerikil, batu bom dan lapili. Selain itu berasal dari gunduk pasir yang terjadi di sepanjang pantai, misalnya diantara Cilacap dan Parangtritis (selatan Yogyakarta), dan Kerawang.

2. Inceptisol

Inceptisol

Ciri2 :
A. Ada horizon kambik , dimana terdapat horizon penumpukan liat <20% dari horizon diatasnya.
B. Tanah yang mulai berkembang tetapi belum matang yang ditandai oleh perkembangan profil yang lebih lemah.
C. Mencakup tanah sulfat masam (Sulfaquept) yang mengandung horison sulfurik yang sangat masam, tanah sawah(aquept) dan tanah latosol
Daerah penyebaran tanah jenis ini: Sumatera, Jawa, Kalimantan. Sebagain besar tanah ini ditanami palawija (jawa) dan hutan/semak belukar (sumatera dan Kalimantan)

3. Ultisol

ultisol

Ciri-ciri :
A. Kandungan bahan organik, kenjenuhan basa dan pH rendah (pH 4,2-4,8).
B. Terjadi proses podsolisasi: proses pecucian bahan organik dan seskuioksida dimana terjadi penimbunan Fe dan Al dan Si tercui.
C. Bahan induk seringkali berbecak kuning, merah dan kelabu tak begitu dalam tersusun atas batuan bersilika, batu lapis, batu pasir, dan batu liat.
D. Terbentuk dalam daerah iklim seperti Latosol, perbedaan karena bahan induk : Latosol terutama berasal dari batuan volkanik basa dan intermediate, sedang tanah Ultisol berasal dari batuan beku dan tuff.
Tanah yang paling luas penyebarannya di Indonesia: Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan sebagian Jawa . sebaiknya tanah ini dihutankan atau untuk perkebunan seperti : kelapa sawit, karet dan nanas.

4. Oxisol

oxisol

Ciri-ciri :
A. solum yang dangkal, kurang dari 1 meter
B. kaya akan seskuioksida yang telah mengalami pelapukan lanjut
C. adanya horizon oksik pada kedalaman kurang dari 1,5 m
D. susunan horison A, B, dan C dengan horizon B spesifik berwarna merah kuning sampai kuning coklat dan bertekstur paling halus liat
E. mengandung konkresi Fe/Mn lapisan kuarsa.
Banyak digunakan untuk perladangan, pertanian subsisten pengembalaan dengan intensitas rendah, dan perkebunan yang intensif seperti perkebunan tebu, nanas, pisang dan kopi.

5. Vertisol

vertisol

Ciri-ciri :
A. Tanpa horizon eluviasi dan iluviasi
B. Koefisien mengembang dan mengerut tinggi jika dirubah kadar airnya
C. Bahan induk basaltic atau berkapur
D. Mikroreliefnya gilgei
E. Konsistensi luar biasa plastis
Di Indonesia jenis tanah ini terbentuk pada tempat-tempat yang tingginya tidak lebih dari 300 meter di atas muka laut dengan topografi agak bergelombang sampai berbukit, temperatur tahunan rata-rata 25oC dengan curah hujan kurang dari 2500 mm dan pergantian musim hujan dan kemarau nyata.Kandungan bahan organik umumnya antara 1,5-4%. Warna tanah dipengaruhi oleh jumlah humus dan kadar kapur. Di pulau jawa banyak digunakan untuk lahan pertanian padi sawah.

6. Histosol /gambut

histosol

Ciri-ciri :

A. Memiliki epipedon histik, yaitu epipedon yang mengandung bahan organik sedemikian banyaknya, sehingga tidak mengalami perkembangan profil ke arah terbentuknya horison-horison yang berbeda.
B. Warna coklat kelam sampai hitam, berkadar air tinggi dan bereaksi asam (pH3-5)
Gambut ombrogen meliputi hampir seperlima Sumatra, meluas sepanjang pantai Malaya, Kalimantan, dan pantai selatan Irian Jaya. Gambut ombrogen juga terdapat di Bangka Selatan, dimana pasir putih bumi mengendap sebelum mencapai laut membentuk berselang berselang-seling daerah deperesi bekas cabang sungai yang di tumbuhi flora khusus.
Gambut topogen terbentuk dalam topografik di rawa-rawa baik di dataran rendah maupun di pegunungan tinggi. Gambut ini meluas di Rawa Lakbok, Pangandaran, Rawa Pening, Jatiroto, Tanah Payau, di Deli (Sumatra) dan danau-danau di Kalimantan Selatan.
Gambut Pangandaran, sebelah selatan Rawa Lakbok juga bersifat eutrof dan topogen.

Sumber : slide-slide mata kuliah Morfologi dan klasifikasi tanah dan Geografi Tanah Indonesia

sekian segitu, nanti akan saya update lagi ^_^


52 Responses to “Geografi Tanah Indonesia”


  1. 1 A. Sajarwan
    Januari 3, 2009 pukul 1:14 pm

    saya ingin meneliti jenis dan genesis mineral di bawah atau yang berasosiasi dengan lapisan gambut. analisis X-ray terhadap mineral tersebut yang dapat dilakukan di dalam negeri, yang murah dan valid serta cepat dimana? mohon info. Terima kasih.

  2. Januari 4, 2009 pukul 4:39 am

    hmm, setau saya hal tersebut bisa dilakukan di Balai Penelitian Tanah (Balitanah) di daerah setempat
    ini link websitenya

  3. 4 danu wiroko a14062742
    Januari 7, 2009 pukul 3:16 pm

    bos, gw pk bwt tugas praktikum yak??

    numpang ijin make boleh kaga??he..

    yg andisolnya dunk sxan, biar komplit dah ga usah nyari2 lg..he

    makasih yak!!

    btw, bagi dunk gem2nya psp..he

  4. Januari 8, 2009 pukul 8:50 am

    boleh, pake aja dan…

    wah, nanti gw update lagi dah…

    hoo, punya PSP juga nih??

  5. Januari 11, 2009 pukul 10:26 am

    waaah
    makasi bgd kk!
    aq lg nyari bahan presentasi geo ni. hhe
    bole numpang ambil g kak?
    hhe
    tq bangeett ya kak! ;)

  6. Januari 13, 2009 pukul 4:57 pm

    silahkan, cantumkan sumber2nya aja :D

  7. Februari 24, 2009 pukul 10:48 am

    Makasih info atas jenis tanah dan gambarnya semoga berguna bagi anak didik saya, dalam mempelajari ilmu Pedologinya, semoga

  8. 10 Riza
    Februari 26, 2009 pukul 4:24 pm

    gak da gambar ganbut enbrogen ya?………..terus apa beda gambut embrogen dg yang lain

  9. Februari 26, 2009 pukul 11:09 pm

    gambut ombrogen?? wah,tidak ada tuh gambarnya… gambut ombrogen merupakan lapisan gambut yang tumbuh diatas gambut topogen. gambut ombrogen tingkat kesuburannya lebih rendah dibanding gambut topogen karena hampir tidak ada pengkayaan mineral

  10. 13 Wakhidatus
    Maret 12, 2009 pukul 8:29 pm

    saya butuh uraian mengenai waktu pembentukan tanah nih,,,maksudnya faktor pembentuk tanah yang waktu,,,,kalau bisa diuraikan per horison ya…..trimaksih

  11. 14 awie
    Mei 1, 2009 pukul 3:49 pm

    Mas melihata gambar yg ada di daerah kami gambut itu benar gambut hasil dr tumbpukan serat pakisan atau kayu murni dalam areal rendahan dan ph 3-4 dn kedalam lebih dr 10 m baru djumpai tanah pasir bgmn mengeola tanah tersebut agr bisa ditanami tanaman keras spt kelapa sawit? pengalaman mas sangat diharapkan

  12. 15 icha
    Juli 26, 2009 pukul 11:52 am

    hi..thanks a lot…saya emank lagi nyari gambar jenis2 tanah..soalnya saya ga bisa nunjukin langsung..hehehe
    it helps a lot. Thanks.

  13. Juli 28, 2009 pukul 7:17 pm

    yahh…..ko cuma 6 doang si yang dijelasin.
    wa disuruh guru ampe 13!!!
    parah!!~_~
    cari dimana lagi ya?

  14. 17 smile273
    Agustus 9, 2009 pukul 5:40 pm

    yuuk, numpang ngopi deh. tks infonya!

  15. Agustus 13, 2009 pukul 10:47 am

    gambar tanah mollisol gak ada?????????????????????

  16. 19 eka
    November 17, 2009 pukul 11:36 am

    ad peta persebaran jenis tanahnya g.. q butuh ni bwt tgs geografi indonesia

  17. 20 sari
    Desember 10, 2009 pukul 7:53 pm

    duh tolong dong klasifikasi gambut yang lebih rinci

  18. 21 dhika
    Desember 27, 2009 pukul 1:38 pm

    Mana LAtosolnya????waduhhhhh

  19. 22 ashvi
    Desember 29, 2009 pukul 11:47 am

    mas punya referensi tentang tipe-tipe permukaan tanah yang diprediksi mengandung mineral emmas/mineral lainnya?
    trims ya

  20. Januari 16, 2010 pukul 2:50 pm

    mas thanks ya aku jadi tambah ilmu nih. tadinya hanya tahu mesin aja sekarang jadi ngerti tentang tanah juga

  21. Maret 4, 2010 pukul 11:40 pm

    tenks atas informasinya ya… gw bleh minta ya….???
    soalnya gw sementara susun proposal penelitian ni…
    boleh ya….???

  22. 25 shinta
    April 1, 2010 pukul 8:38 pm

    saya mencari rincian ttang tanah aluvial, tanah andosol, tanah regosol, tanah litosol, tanah organosol,,tetapi sulit menemukan nya di browser…
    apa ada kata lain yang lebih baku atau lebih umum dari kata-kata tanah di atas, agar saya lebih mudah untuk menemukan rincian nya ??
    please…help me,,
    terima kasihh,,

  23. 26 fitri
    April 20, 2010 pukul 10:50 am

    erutrof tu ap sih

  24. 27 rizqi
    April 24, 2010 pukul 4:32 pm

    thank’z y kak taz info jnis”tnahx………..

  25. Juli 25, 2010 pukul 12:16 pm

    apa ciri spesifik tanah litosol???

  26. 29 Dilla
    Juli 27, 2010 pukul 5:56 pm

    makasih ya,kak ! Atas info jenis” tanahnya.Ini tuh penting banget buat jd bahan Presentasi tugas Geo ku.

  27. September 6, 2010 pukul 2:16 pm

    Rif,qt mau tanya nih…kbtulan tanah di tempat qt tuh kandungan nikelnya tinggi banget…kira kira kamu bs gk sih kasih tau qt tentang spesipik tanah yg bgn nih….info soil taxonomi km ngebantu banget loh buat qt”…b4,tanks y,Arif ^-^!

  28. 31 Fernando Quispe Llave
    November 16, 2010 pukul 10:37 pm

    Gracias por las fotografias de las clases de suelos, espero que me paseen algunas a mi correo gracias.
    me despido de ustedes muy atentamente.

  29. 32 indah
    Desember 20, 2010 pukul 5:32 pm

    kug ga da tanah regosol nya ya??? :((

  30. 33 santy
    Desember 22, 2010 pukul 6:34 pm

    mas sumberdatanya darimana yaa? please penting banget ni thanx

  31. 34 aghnia harahap
    Januari 9, 2011 pukul 11:44 am

    penjelasan tentang jenis jenis tanahnya kurang banyak,,, tapt dh cukup lengkap si,,,

  32. 35 EDY
    Maret 7, 2011 pukul 2:27 pm

    CUKUP MEMBANTU,NAMUN PERLU LEBIH DETIL JENIS TANAH TSB TEPATNYA DI KABUPATRN/KOTA KALAU PERLU TINGKAT KECAMATAN UNTUK SELURUH INDONESIA

  33. 36 febby aparicio
    Maret 9, 2011 pukul 9:21 am

    thx banget yachh…artikel ini sngat membantu bagi kegiatan perkuliahan saya..

  34. 37 Aulia
    Juli 13, 2011 pukul 10:07 pm

    Mksh ya. . , numpang ng0pi ya . , buat bhan tmbhan bkin mkalah x aQ . , mksh info x. . .;-)

  35. 38 fitry
    September 7, 2011 pukul 7:29 pm

    hmm,, menurut saya, masih ada banyak lagi jenis-jenis tanah di Indonesia. jika di sini lengkap, pasti sangatlah bagus..

  36. 39 ajib
    September 22, 2011 pukul 10:07 pm

    sebaran inseptisol dipulo mn aja???luasnya berapa ha??

  37. Oktober 20, 2011 pukul 11:04 am

    thanks yaaa… infonya :)

  38. Februari 28, 2012 pukul 8:36 pm

    makasih banget kakak, ini membantu saya banget, ku tunggu posting” nya yang laen, :)

  39. 42 Lord Lu Bu
    Februari 29, 2012 pukul 10:50 am

    saya prlu gambar prsebarannya!!!!
    apa bisa di buatin?????

  40. 44 afif
    Maret 18, 2012 pukul 12:03 pm

    wah koknamanya gk ad yg biasa, heheheheheh klo, bisa si nama”nya d perjelas hehehehehey

  41. Maret 27, 2012 pukul 4:05 pm

    saya mau nnya,komponen apa saja yg hrus dmliki tanah yang ideal itu???

  42. 46 DARWIN
    April 22, 2012 pukul 5:37 am

    BAGUS MEMANG KAMU PINTER KOK AKU SUKA

  43. 47 billy cee im0et
    Agustus 31, 2012 pukul 7:11 pm

    tanah merah putih mana kk

  44. Agustus 31, 2012 pukul 8:39 pm

    Nice inpo gan,, buat bahan presentasi nih :)

  45. 49 hernius
    November 4, 2012 pukul 1:06 pm

    ciri-ciri batu kerikil?

  46. 50 aulia
    November 22, 2013 pukul 1:53 pm

    kaka minta infonya ,lagi donk tntang tanah ultisol…mkasiihhhh

  47. November 27, 2013 pukul 8:29 pm

    Assalamualaikum. Mau tanya dong itu tabel area sebaran dapet darimana ya? Butuh bgt pustakanya. Makasih..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Quote of the Day

My Blog

Yah... cerita-cerita hidup gw lah.. Nikmatin aja.. ^_^

Twittering !

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

a

Yang Berkunjung

  • 102,293 Orang Tersesat

Top Clicks

  • Tidak ada

RSS Icil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Abay

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Support

Asal Pengunjung

I’m Listening to…

table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 td {margin:0 !important;padding:0 !important;border:0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmHead a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/header/chart/recenttracks_regular_red.png) no-repeat 0 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmEmbed object {float:left;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmConfig a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat 0px 0 !important;;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmView a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -85px 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmPopup a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -159px 0 !important;}

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: