11
Jan
08

Tengen Toppa Gurren Lagann


gurren-english.png

simon, who the hell do you think you are?

isn’t your drill the one that will pierce the heaven, the earth and through to tomorrow??

-kamina-

Satu lagi anime mecha buatan Gainax yang menurut gw keren banget di tahun 2007, entah napa gw baru nonton akhir-akhir padahal udah lama ada di hardisk gw. Anime ini memiliki 27 episode, dengan dibagi menjadi 2 bagian cerita. Setting dunia ini adalah suatu jaman dimana manusia terpaksa hidup di bawah tanah dan membangun desa/kota di bawah tanah. Tidak boleh ada penduduk yang keluar dari desa tersebut menuju permukaan bumi dan tidak ada kontak antara satu desa dengan yang lainnya. Banyaknya gempa bumi yang terjadi memaksa para penduduk tersebut memperdalam lagi desa mereka menuju pusat bumi dan orang-orang yang mengerjakannya disebut Diggers.

Tokoh utama dalam anime ini adalah Simon, sebuah bocah 14 tahun yang bekerja sebagai Diggers di desa Jiiha. Saat sedang mengebor, dia menemukan sebuah muka mecha (yang nantinya dikenal sebagai Lagann) dan sebuah kunci bor/drill yang misterius. Setelah itu muncul Kamina, yang banyak omong dan gaya nya sok asik, mengajak Simon untuk masuk dalam kelompoknya yaitu Gurren-Dan (Gurren Brigade). Kamina bermimpi untuk bisa pergi menuju permukaan bumi dimana disanalah kebebasan yang sesungguhnya. Simon yang tertarik pun memberitahukan bahwa ia menemukan sebuah muka mecha yang besar, dan Kamina pun tertarik juga sehingga mereka mencoba mengambilnya namun tertangkap oleh village elder mereka. Pada saat akan dijatuhkan hukuman, gempa bumi yang lebih dashyat terjadi lagi namun diiringi jatuhnya sebuah mecha dan gadis yang membawa rifle besar bernama Yoko. Mecha tersebut berusaha menghancurkan desa Jiiha, sadar rifle nya Yoko tidak bisa mengalahkan mecha tersebut. Mereka bertiga mengetahui bahwa kunci bor yang misteriys bisa mengaktifkan muka mecha yang Simon temukan dan ternyata benar. Lalu Simon menggunakan mecha tersebut dan berhasil mengalahkan mecha (dalam anime ini dinamakan Gunmen, anehnya badan Gunmen adalah muka mecha itu sendiri) tersebut dan berhasil menembus permukaan bumi.

Dari Yoko, Simon dan Kamina mengetahui bahwa mecha tersebut bernama Gunmen dan dikendarai oleh Beastman, mereka inilah yang meneror para manusia yang ada di permukaan bumi dan mengurung manusia dalam bahwa tanah. Para Beastman ini dipimpin oleh Helix King (Lord Genome) dan dalam perjalanan mereka bertiga ini untuk mengakhiri pertempuran antara manusia dan Beastman, mereka bertemu dengan banyak orang. Leeron, seorang mechanic yang agak banci, Rossiu yang kelak memegang peranan penting, Dayaka dari desa Ritona Kittman dan ketiga adiknya,lalu mereka semua membentuk Dai Gurren Brigade dan Nia yang merupakan anak dari Helix King. Ada juga rival abadi Simon dan Kamina yaitu seorang beastman, Viral dan empat orang bawahan Helix King .

Bagian kedua cerita ini adalah tujuh tahun setelah kehancuran Tepperin (markas Helix King) dan kematian Kamina (Too bad he’s dead). Dimana manusia sudah membangun peradabannya di atas permukaan bumi dan menjalani hari-hari damainya. Para angota Gurren Brigade sendiri dianggap pahlawan oleh para orang-orang karena kehebatannya dalam melawan Helix King. Namun ternyata kedamaian tersebut hanya sementara, karena populasi manusia dalam bumi sudah mencapai satu juta, seperti kata helix King maka datanglah Anti-Spiral yang ingin membinasakan semua manusia. Nia pun menjadi Anti-Spiral messenger karena Nia dibuat oleh mereka, hal ini membuat Simon bingung. Anti-Spiral berencana menabrakan bulan ke bumi dan tentunya Simon dan para anggota Dai Gurren Brigade berusaha menghalangi rencana mereka.

Cerita pada bagian kedua berbeda sekali dengan bagian pertama yang banyak adegan konyol dan lucunya, pada bagian kedua, cerita lebih serius, karakter seperti Rossiu dibuat berbeda sekali, pertentangan prinsip nya dengan Simon membuat gw terkesan karena sebagai seorang pemimpin dia harus memutuskan langkah terbaik bagi masyarakatnya meskipun itu melukai hatinya sendiri. Lalu pengorbanan para anggota Dai Gurren Brigade ketika melawan Anti-Spiral yang mengharukan. Semangat Simon dengan prinsip pantang menyerahnya bahwa “My drill the one that will pierce the heaven, the earth and through to tomorrow”, Hubungan batin antara Simon dan Kamina yang tidak pernah putus, Kakkoi !!!! dan tentunya tidak lupa juga Yoko!!!!

Satu hal yang mo gw bahas tentang mecha dalam anime ini termasuk genre yang Super Robot kayak Mazinger, Raideen, dll, tiap jurus Gurren Lagann memiliki namanya sendiri kayak Giga Drill Breaker, Chouginga Great Cutter, Chouginnga Giga Drill Breaker,dll. Bukan genre Real Robot seperti serial Gundam. Salah satu yang kocak dari anime ini adalah cara Gattai (Combine) antara Lagann dan Gurren (Gunmen milik Kamina), dimana Bor Lagann menembus badan Gurren sampai bornya muncul di kokpit Gurren, dan secara kebetulan juga terjadi Gattai yang sebenarnya sehingga terbentuk Gurren lagann, keren dan kocak banget! Apabila Lagann melakukan Gattai dengan mecha lain, maka dia membentuk mecha baru contohnya ketika Gattai dengan Arc-Gurren membentuk Arc Gurren Lagann dan ketika Gattai dengan Cathedral terra membentuk Hyper Galaxy Dai Gurren dan ada bentuk Humanoid formnya yaitu Chouginga Gurren Lagann dan bentuk terakhir mereka hasil Gattai dengan seluruh Ganmen kru Dai Gurren Brigade, Arc Gurren Lagann dan Chougingga Guren Lagann yaitu Toppa Tengen Gurren Lagann yang keren abis menurut gw. Selain itu alunan musik instrument dalam anime ini enak didengar, seperti lagu preview episode selanjutnya. Gw juga suka lagu OP (Sorairo Days) dan INSERT (Happily Ever After), keduanya dinyanyikan oleh Shoko Nagasawa. Selain itu judul tiap episode dari anime ini merupakan kata-kata penting yang diucapkan salah satu tokoh dalam episode tersebut. Pesan yang gw tangkap dari anime ini adalah, kita bisa melakukan apapun selama kita yakin dan percaya pada diri kita bahwa kita mampu melakukannya dan pantang menyerah dalam menjalaninya !!!!!

Akhir kata, anime ini wajib ditonton bagi para penggemar anime mecha !!! One of the must watch Anime in 2007 !!!

believe in yourself

not you,who believes in me

not me,who believe in you

believe in you, who believes in yourself

-Simon and Kamina –

gurrengakuenyy7.jpg


13 Responses to “Tengen Toppa Gurren Lagann”


  1. Januari 13, 2008 pukul 1:54 am

    It’s “Tengen Toppa Gurren Lagann”.

  2. Januari 13, 2008 pukul 7:23 am

    woi,, mahluk..rss feed wa mang ngk isa y?

  3. 3 Ai
    Januari 14, 2008 pukul 1:03 pm

    @ Dewe : hehe.. da gw benerin,lagi ngantuk pas ngetik..

    @ abay : jalan kok bay..

  4. 4 dudul
    Maret 5, 2008 pukul 5:28 am

    oh gitu toh,,, hmmmmmmm
    udah dr kpn tw donlotnya,, tp blom nonton
    hihihihihi

  5. 5 MoE-SicK
    Agustus 6, 2008 pukul 4:50 am

    Gurren Lagannn is the BEST !!!!
    All Hail Kamina!!! All Hail Simon!!!
    gak jaman lagi anime yg panjang en bertele2!!

  6. 6 Arief
    Agustus 8, 2008 pukul 3:01 pm

    tul,sekali yang penting langgsung action!!!!

  7. Oktober 8, 2008 pukul 1:45 am

    Wah..blog yg bagus, keren….
    Q berusaha posting di wordpress koq ga da menu new post ya? Kenapa? tolong dibalaz…

  8. 8 Arief
    Oktober 8, 2008 pukul 3:32 am

    Wah,makasi,masih banyak kekurangan kok,ada kok pilihan nya di dashboard nya…

  9. 9 auriz
    Maret 17, 2009 pukul 12:09 pm

    nampak seru deh anime ini.
    aku baru siap sedot dari IDS.

  10. Maret 24, 2009 pukul 12:05 pm

    bagus kok mas anime ini, donlod saja dijamin ga nyesal😀

  11. Juni 30, 2009 pukul 2:33 am

    Wah ada sedikit sad endingnya ya, pas tubuh virtualnya Nia menghilang TT_TT
    Baru aja nonton episode terakhirnya di Animax.

  12. 12 Princes Shi n
    September 1, 2009 pukul 2:26 pm

    I like a this movie……. and i’am like to soundtrack this movie

  13. Desember 9, 2013 pukul 8:15 pm

    jujur ane kecewa romance kamina ama yoko kandas gan…ane kira kamina MC nya😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Quote of the Day

My Blog

Yah... cerita-cerita hidup gw lah.. Nikmatin aja.. ^_^

Twittering !

Error: Please make sure the Twitter account is public.

a

Yang Berkunjung

  • 115,330 Orang Tersesat

Top Clicks

  • Tak ada

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Icil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Abay

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Support

Asal Pengunjung

I’m Listening to…

table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 td {margin:0 !important;padding:0 !important;border:0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmHead a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/header/chart/recenttracks_regular_red.png) no-repeat 0 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmEmbed object {float:left;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmConfig a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat 0px 0 !important;;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmView a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -85px 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmPopup a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -159px 0 !important;}

%d blogger menyukai ini: