23
Jan
08

Bye-bye Semester 5


wew… setelah hampir tiga minggu menjalankan ujian yang sangat melelahkan jiwa,pikiran,otak,tubuh,mata,kaki,tangan, dll… akhirnya selesai juga perjalanan kuliah gw di semester 5 ini, tinggal menunggu nilai keluar saja. FYI, gw ngambil 25 SKS, padahal gw termasuk orang yang “biasa-biasa” saja.

di semester ini gw mulai nyadar, tingkah laku para mahasiswa kalau lagi ujian baik UTS maupun UAS, ada beberapa tipe mahasiswa :

  1. Mahasiswa yang bener-bener belajar ampe gila,semampunya dan kalau ujian jujur mengerjakannya.
  2. Mahasiswa yang males belajarnya dan kalau ujian mengandalkan contekan baik dari temen maupun bikin gebetan sendiri
  3. Mahasiswa yang bener-bener belajar ampe gila juga, namun sedikit nanya-nanya ato nyontek lah pas ujian
  4. Mahasiswa yang terjebak dengan keadaan lingkungannya, karena lingkungannya mendukung untuk nyontek, maka dia ikutan nyontek, padahal dia ga suka nyontek.
  5. ada juga mahasiswa yang tidak terjebak dengan lingkungannya, dia mempunyai prinsip sendiri, tetap nyontek di lingkungan yang nggak mendukung untuk nyontek, atau tidak nyontek di lingkungan yang mendukung untuk nyontek.

termasuk yang manakah anda?? klo gw?? nyampur-nyampur diantara 4 tipe tersebut, yang jelas gw bukan orang sok suci juga yang nggak pernah nyontek.

banyak motivasi kenapa orang nyontek pas ujian waktu kuliah, salah satunya yang pasti banget si, pengen dapet IP bagus supaya pas cari kerja gampang, tapi harus dengan nyontek kah?? apakah kalian bangga dapet nilai A dengan nyontek daripada nilai C namun usaha sendiri, bagi orang yang ga nyadar penting “proses” mendapat nilai tersebut, pasti bangga dapet nilai A, meskipun dengan bantuan orang lain ato bikin contekan kek. gimana dengan nasib orang yang dapet C namun dia mendapatkannya dengan nilai jujur?? mungkin dia bangga dengan nilainya, karena emang itu yang pantas ia dapat…

coba deh kalian semua renungkan alasan kalian nyontek??

termasuk diri gw sendiri….

dunia mank tidak adil, tapi tuhan maha adil…

 


5 Responses to “Bye-bye Semester 5”


  1. Januari 23, 2008 pukul 3:06 pm

    slamat menempuh hidup baru di semester baru!!
    gw mw komen nih,, kayanya gw termasuk orang nmr 2 dan 5. lama2 smakin meradang, dah kaya penyakit, dah kaya narkoba.ketergantungan. dan bener kata orang,, bikin kita ga pede sama kemampuan kita sendiri..
    gw tau itu salah, tapi as an excuses, gw mikir gw ngelakuin ini biar nilai gw bagus, minimal ga jelak, biar ortu ga kecewa..dan gw pandang ini sebagai suatu ibadah jg..hehe..
    kan klo nilai kita bgs, ortu kita bakalan bahagia kan?ngebahagiain ortu itu ibadah kan??

    parah banget yak gue??? =P

  2. 2 Ai
    Januari 24, 2008 pukul 12:25 pm

    heheh…

    yang lo bilank sit sama aja kayak..
    kita ngasih makan keluarga kita dengan uang yang ga halal, membahagiakan mereka bukan??namun begitu mereka tau makanan yang mereka makan ga halal,apa mau dimuntahin lagi ato marah2?
    intinya, klo nyontek, sama aja kita ngebohongin ortu kita dengan nilai-nilai palsu yang kita dapet, meskipun klo orang tua tau kita nyontek, paling cuek2 aja, tergantung orang tuanya juga sih..

  3. 3 adi
    Januari 26, 2008 pukul 12:57 am

    hahahaha…gw si nyontek kalo buat ngelengkapin nomor2 yang masih kosong banget dan ga bisa buat ngasal aja..tapi gw lebih seneng ngasal daripada nyontek, mengingat mata dan telinga gw emang ga bakat buat nyontek..dan kalo ngasal tuh lebih bisa ngeluarin pendapat sendiri aja.. yaaahhh buat yang masih suka bikin kebetan dgn niat penuh, mudah2an ada teknik yang lebih canggih lagi supaya ga ktauan… gw si sm skali ga kesel ama org bikin kebetan, gpp kok..toh itu pendapat mereka.. tapi satu si.. lebih baik hidup gw dinamis dgn sdikit2 nilai c daripada hidup statis dapet nilai a terus, no offense tapi dimana2 lebih asik dinamis kan daripada statis? ibarat film, yang bakal sold out tiketnya ya yang dinamis, bukan yang statis..

  4. 4 Ai
    Januari 27, 2008 pukul 11:16 pm

    hahha…

    tiap orang mank beda-beda alasan untuk nyontek nya..

    klo diliat dari sisi agama yah, apakah nyontek berdosa??

  5. 5 weibullgamma
    Februari 12, 2008 pukul 6:01 pm

    MM…ada pilihan gak…
    buat yang ga sampe mati2an belajar dan nilainya ga jauh2 dari C dan D….., tapi jujur ngerjain….
    seandainya ga ada yang nyontek, pengawas ga dibutuhkan lagi dunk…
    padahal kali2 aja dapat yang ngawas cakep (itu mah malah mengganggu konsentrasi….)


Tinggalkan Balasan

Quote of the Day

My Blog

Yah... cerita-cerita hidup gw lah.. Nikmatin aja.. ^_^

Twittering !

Error: Please make sure the Twitter account is public.

a

Yang Berkunjung

  • 115,330 Orang Tersesat

Top Clicks

  • Tak ada

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Icil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Abay

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Support

Asal Pengunjung

I’m Listening to…

table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 td {margin:0 !important;padding:0 !important;border:0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmHead a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/header/chart/recenttracks_regular_red.png) no-repeat 0 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmEmbed object {float:left;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmConfig a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat 0px 0 !important;;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmView a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -85px 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmPopup a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -159px 0 !important;}

