16
Nov
08

keinginan namun bukan sebuah kebutuhan


Terkadang sebagai manusia, kita tidak pernah puas dalam dalam hal apapun dan selalu menginginkan sesuatu, tapi apakah keinginan kita selalu tepat sesuai dengan kebutuhan kita baik sekarang atau masa depan? Tentu hal tersebut harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak menyesal dikemudian hari. Contohnya saja yah, keinginan saya untuk membeli barang banyak sekali seperti :

  • Pengen beli Ipod classic yang 80 GB ato 120 GB
  • Ga sabar pengen punya PS3
  • pengen punya beli Honda CBR 150 atau Kawasaki Ninja 250 RR
  • Pengen bikin komputer dengan spek rakitan sendiri
  • Koneksi internet kuenceng kayak di kampus
  • Netbook kecil biar bisa dilempar bawa kemana-mana
  • Istri yang cantik dan soleha ups itu bukan barang yah??
  • Dll

Apa sih bedanya keinginan dengan kebutuhan??

Menurut Ahmad Gozali:

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.

Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

… Jadi, buat apa memenuhi keinginan Anda sekarang tapi mengorbankan kebutuhan Anda dan keluarga di masa depan?? intinya, jangan boros…

lanjut lagi, begitulah kira-kira list keinginan gadget/barang2 saya yang belum terlaksana, tapi kadang-kadang saya bertanya lagi :

“apakah perlu semua barang-barang tersebut?? Apakah saya benar-benar membutuhkannya???” gumam saya.

“rasanya untuk saat ini kebutuhan saya akan gadget/barang2 diatas sudah cukup?? Kenapa saya menginginkan yang lebih yah???”

Setelah berpikir terus, saya mikir kepada diri sendiri :

” gila lo I, udah dikasih nikmat kayak gini oleh Allah SWT, loe masih aja mao lebih?? ”

Saya sampai akhirnya pada satu titik kesimpulan bahwa  “ternyata saya memang kurang bersyukur kepadaNYA, dan kurang menghargai nikmat yang sudah diberikanNYA”  sesuai dengan surat Ar-Rahmaan yang terdapat 78 ayat dan ada 31 kali Allah SWT bertanya kepada kita ” maka yang mana satu di antara nikmat-nikmat Tuhan kamu, yang kamu hendak dustakan?” Sudahkah kita bertanya pada diri kita sendiri? Nikmat mana yang tidak kita syukuri selama hidup di muka bumi ini. Ingat, bumi ini hanya dunia fana, masih ada dunia lain yang lebih kekal nantinya.

Bisa bayangkan orang-orang lain yang bernasib kurang beruntung dibanding saya dan kalian-kalian semua??? Janganlah kita selalu melihat keatas tanpa melihat ke bawah, harus selalu seimbang. Bukan berarti kita tidak boleh menginginkan sesuatu, namun tentu dengan tidak berlebihan dan sesuai dengan kadarnya. Jadikan keinginan dan cita-cita kita menjadi sebuah cambuk untuk berusaha lebih keras. Yah, posting ini jadi bahan renungan buat saya sendiri yang selalu aja tidak puas diri dengan keadaannya.


5 Responses to “keinginan namun bukan sebuah kebutuhan”


  1. November 24, 2008 pukul 4:11 pm

    kebutuhan gw suatu keinginan bukan yah?

  2. November 25, 2008 pukul 8:16 pm

    Hati-hati… Siapa tau cuma tuntutan hawa nafsu (apa emang ya🙂 )…

  3. November 29, 2008 pukul 9:23 pm

    haduh !! qlo nafsu emang kenapa?? ahahahaaa..

  4. November 30, 2008 pukul 8:52 pm

    nafsu itu hadir akibat setan pya😀

  5. Desember 3, 2008 pukul 9:12 pm

    ahahhaaa. gw ga mau bawa2 setan kemariii.
    gw jadi inget lirik lagunya COLDPLAY yang FIX YOU
    – when you get what you want but not what you need –
    jadi gua lebih milih kebutuhaan. heheheee.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Quote of the Day

My Blog

Yah... cerita-cerita hidup gw lah.. Nikmatin aja.. ^_^

Twittering !

Error: Please make sure the Twitter account is public.

a

Yang Berkunjung

  • 115,330 Orang Tersesat

Top Clicks

  • Tak ada

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Icil

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Abay

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Support

Asal Pengunjung

I’m Listening to…

table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 td {margin:0 !important;padding:0 !important;border:0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmHead a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/header/chart/recenttracks_regular_red.png) no-repeat 0 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmEmbed object {float:left;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmConfig a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat 0px 0 !important;;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmView a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -85px 0 !important;}table.lfmWidgetwordpress_chart_d619c129d248724a11b9c8142b5f2554 tr.lfmFoot td.lfmPopup a:hover {background:url(http://cdn.last.fm/widgets/images/en/footer/red.png) no-repeat -159px 0 !important;}

%d blogger menyukai ini: